Rumah Keluarga Indonesia

RUMAH KELUARGA INDONESIA

Assalamu’alaikum wr wb..

Sabtu malam ini biasanya adalah waktu berkumpul bersama keluarga ya..

Kita tentu sangat menginginkan punya keluarga yang harmonis, sakinah mawaddah wa rahmah.

Saya mendambakannya, anda juga kan?

Kita tentu sama-sama merasakan, cita-cita punya keluarga yang seperti itu, di era yang seperti ini, adalah butuh perjuangan. Berita yang kita simak hari-hari ini seringkali terasa jauh dari kondisi keluarga yang kita idam-idamkan itu.

Kita tidak sendiri. Hampir semua orang yang saya temui, merasakan hal yang sama. Betapa beratnya perjuangan membentuk dan mempertahankan kondisi keluarga yang baik, di tengah arus zaman yang semakin tidak bersahabat dengan nilai-nilai indah sebuah keluarga.

Padahal kita tentu tahu bahwa keluarga adalah juga asas ketahanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Menghancurkan keluarga sama dengan menghancurkan sebuah bangsa. Sebab nilai-nilai dan karakter sebuah bangsa ditopang oleh nilai-nilai keluarga-keluarganya. Karakter bangsa dimulai dari karakter yang ditanamkan dalam keluarga.

Karena itu buat kita kader PKS, kita harus tahu bahwa PKS mendukung kerja-kerja nyata yang berkaitan dengan pengokohan keluarga.

PKS juga berperan serta dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap persoalan-persoalan keluarga. Dengan cara apa?

Dengan menghadirkan Rumah Keluarga Indonesia (RKI).

Apa itu RKI?

Rumah Keluarga Indonesia (RKI) adalah sarana pembekalan, pembinaan, pelatihan bagi kader dan masyarakat untuk terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia.

Maksudnya Ketahanan Keluarga itu apa ya? Mmmm…. Ketahanan Keluarga adalah kondisi dinamis untuk membentuk keluarga yang kokoh, mengembangkan dan melestarikan potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk hidup mandiri dan berdaya, harmonis, sejahtera lahir dan bathin , serta melindungi keluarga dari berbagai masalah yang dihadapi.

Hehehe. Panjang ya? Tapi memang kondisi keluarga kayak gitu kan yang kita idamkan…

Rumah Keluarga Indonesia itu ditujukan untuk keluarga kader PKS dan keluarga Indonesia.

Iya. RKI itu buat Anda. Iya, Anda! 😊

RKI itu buat Kita. Iya.. saya juga mau dong..

Kegiatan RKI itu ada beberapa. Kegiatan RKI dirancang untuk menemani kita sesuai peran kita dalam keluarga

Ada kegiatan yang namanya…

1. Sekolah Pra Nikah
Kegiatan yang dirancang bagi pasangan yang akan menikah dan remaja usia produktif untuk membantu mempersiapkan diri menuju pernikahan.

Lalu ada juga..

2. Training Pasutri Harmonis
Kegiatan yang dirancang bagi suami istri dalam rangka mewujudkan rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Meliputi skill komunikasi, perawatan wajah dan tubuh, kesehatan reproduksi, manajemen konflik, dan lain-lain.

Juga ada..

3. Parenting Club
Kegiatan yang dirancang dengan tujuan mengoptimalkan peran dan tanggung jawab orangtua dalam menjaga, mengembangkan, dan melindungi fitrah serta potensi anak. Mempersiapkan anak-anak agar dapat mengaktualisasikan perannya sebagai pemimpin bangsa dengan akhlaq mulia. Meliputi pelatihan skill kerumahtanggaan seperti memasak, merawat bayi dan balita, manajemen gizi, manajemen laktasi, keuangan rumah tangga, penataan ruang, pelatihan P3K, kesehatan reproduksi, kesehatan anak, dan lain-lain.

Berikutnya ada..

4. Sahabat Anak dan Remaja
Sahabat Anak adalah kegiatan yang di rancang dengan tujuan memberikan wadah bagi anak dan remaja untuk meningkatkan multi kecerdasannya. Mempersiapkan anak dan remaja menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Meliputi Pojok anak (day care), Sanggar kreatifitas anak dan remaja, Taman bacaan, Pelatihan motivasi, Pelatihan ketrampilan perencanaan masa depan, Pelatihan life skill, Penumbuhan jiwa wirausaha, dan lain-lain.

Nah.. ada pula..

5. Pos Ekonomi Keluarga (Pos Eka)
Kegiatan yang dirancang bagi keluarga dengan tujuan meningkatkan kesadaran keluarga akan kesejahteraan dan kualitas hidup. Meningkatkan peluang usaha, kerja dan penghasilan keluarga. Meliputi Pelatihan dan pendampingan wirausaha, Pembentukan kelompok usaha bersama, Pembentukan dan penguatan jaringan pasar (networking), Pembentukan dan penguatan jaringan antar stakeholder, Menggalakkan semangat menabung dan berinvestasi, Kemitraan antara masyarakat, pengusaha kecil, dan pengusaha besar, Pemanfaatkan teknologi informasi untuk pernjualan produk barang dan jasa (bisnis online), dan lain-lain.

Selanjutnya ada…

6. Konsultasi Keluarga Sakinah
Konsultasi Keluarga Sakinah adalah kegiatan yang di rancang untuk membantu seorang anggota atau sebuah keluarga dalam mengatasi problemnya dengan jalan wawancara dengan maksud agar anggota dan atau keluarga tersebut mengerti lebih jelas tentang problemnya sendiri dan mampu memecahkan problemnya sendiri tersebut sesuai dengan kemampuannya dengan mempelajari saran-saran dari konsultan.

Untuk yang sudah sepuh ada..

7. Pos Bakti Lansia
Kegiatan yang dirancang bagi lansia dengan tujuan memberikan wadah bagi lansia untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Islam. Memfasilitasi lansia dalam menjaga kesehatan dan kebugaran dan beraktivitas produktif. Meliputi Posyandu lansia bagi wilayah yang belum ada posyandu, olahraga untuk lansia, Penyuluhan dan pembinaan keagamaan, Pembinaan aktifitas produktif sesuai usia.

Dan tentu saja juga ada..

8. Pendidikan Politik
Kegiatan yang dirancang agar keluarga Indonesia memahami dan menyadari bahwa politik merupakan sarana untuk melindungi kehidupan berbangsa dan bernegara. Meliputi TOP (Training Orientasi Partai) bagi keluarga, Penyuluhan tentang upaya-upaya dekontruksi keluarga, Temu aspirasi keluarga dengan wakil rakyat.

Jadi, tunggu apalagi?

Segera bergabung dengan
komunitas Sahabat Keluarga Indonesia (Sakina) terdekat. Bergabung dengan komunitas ini adalah selangkah mewujudkan doa yang selalu kita untaikan tiap malam, akan hadirnya Keluarga kita dan Keluarga Indonesia yang Sakinah Mawaddah wa Rahmah.

Mau tanya-tanya atau langsung gabung? Hubungi Sahabat berikut:

Mbak Lilik Hendarwati
HP/WA 081331279202

Wassalamu’alaikum wr wb.

 

 

WhatsApp Image 2017-04-15 at 06.53.53Bagi Anda yang ingin berkonsultasi terkait keluarga Anda secara online silahkan mengisi form pada link berikut: Konsultasi Online Keluarga