frontpage hit counter
Beranda Kabar Nasional Geliat Maslahat Perempuan PKS Jatim untuk Rakyat

Geliat Maslahat Perempuan PKS Jatim untuk Rakyat

Dalam rangka memaknai hari Kartini 2021, BPKK DPW PKS Jatim menggelar acara istimewa yakni ‘Talkshow Mom Green Preneur’, sebagai sarana membangkitkan inspirasi perempuan PKS agar lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar melalui perannya sebagai wirausaha. Tak tanggung-tanggung, narasumber yang dihadirkan dalam momen online tersebut adalah Ina Mubarak, Owner Aisha Slimming Syar’I dan Aisha Hijab, dan Dyah Rahmawati, pemenang Kartini Award PKS tingkat wilayah tahun 2021.

Pada acara bertema ‘Dengan semangat Ramadhan, Perempuan Giat, Lingkungan Sehat, Ekonomi Kuat’ dan diikuti seluruh kader perempuan PKS se-Jawa Timur talkshow tersebut, Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan. berharap ini adalah kesempatan untuk memunculkan potesi perempuan Jawa Timur untuk turut membentuk ketahanan keluarga yang kuat sebagai pilar kokohnya bangsa.

Sementara itu Ketua BPKK DPW PKS Jatim, Lina Ariyati,Apt. juga memotivasi para peserta agar menimba banyak inspirasi kehidupan dari para pahlawan termasuk RA Kartini. “Tentunya inspirasi tersebut semoga bisa mendorong kaum perempuan sekarang bisa berperan sesuai kemampuan di lingkungan masing-masing,” tambah Lina Ariyati.

‘Talkshow Mom Green Preneur’ diawali dengan pemaparan pengalaman berwirausaha Ina Mubarak, S.Ip. Mom Preneur, kata alumnus FISIP Unair tersebut adalah sebuah konsep dimana seorang perempuan dituntut untuk bisa jadi seorang ibu juga seorang pengusaha. “Ini memang tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin. Karena perempuan punya tanggung jawab di rumah, tentu tidak mudah juga untuk berwirausaha. Namun itu semua tergantung motivasinya apa,” ujar Ina Mubarak.

Diuraikan, secara umum ada 2 motivasi perempuan berwirausaha, yakni motivasi tuntutan ekonomi dan pencarian eksistensi diri. Karena tuntutan ekonomi tidak salah seorang perempuan berwirausaha. Dan untuk eksistensi diripun semata karena seorang perempuan juga bisa mengekspresikan diri dan kemampuannya. Adalah kodrat perempuan juga ingin dihargai.
Perempuan jangan hanya berkutat pada sumur-dapur-kasur sebagai penjara bagi perempuan karena semata untuk melayani kepada orang lain. Karena jasa Kartinilah maka kita bisa lebih bisa merdeka secara sosial dan psikologis..

“Saya pribadi motivasi eksistensi diri, ingin menjadi perempuan yang lebih. Maka setelah membersamai anak-anak dan mereka sudah besar, saya ingin punya bisnis, dan alhamdulillah berhasil,” tambah warga Krukah Selatan Surabaya tersebut.

Senada dengan Ina Mubarak, Dyah Rahmawati Wicaksana Ningtyas, pemenang Kartini Award PKS Jatim 2021 memaparkan pentingnya peran perempuan sebagai pengusaha.
Bermula dari kebutuhan pribadi akan sayur organik, Dyah Rahmawati pada tahun 2015 memantapkan diri untuk mendirikan wirausaha berlebel “Natural Organic Indonesia”, agar para ibu rumah tangga mudah mendapatkan sayur organic dengan mudah.

Menurut Dyah Rahmawati, Mom Green Preneur adalah perempuan wirausaha yang berwawasan lingkungan, yakni ibu yang sekaligus membangun perannya sebagai pengusha yang memberi dampak positif bagi lingkungandan turut mengembangkan potensi ekonomivdari permasalahan lingkungan yang ada. Ini penting mengingat peran ibu sebagai buffer atas kualitas bahan pangan keluarga, sehingga ibu berdampak lebih luas bagi lingkungannya.

Namun tentu saja keluarga tidak bisa diremehkan, harus ada sinergi. “Sinergi dengan keluarga artinya keluarga adalah bagian tak terpisahkan bagi bisnis, memfasilitasi setiap anggota keluarga dengan ruang bertumbuh dalam bisnis, bisnis sebagai family-value,” papar Dyah Rahmawati sembari membagikan prinsip hidup ‘Hidupmu akan menjadi cerita setelah engkau tiada, maka jadilah cerita yang baik selama engkau masih ada’. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Informasi Terbaru

Anggota DPRD dari PKS di Seluruh Jatim Diminta Dorong Pemda Nyatakan Dukungan Untuk Palestina

Tindakan Israel atas Palestina semakin kejam. Baru-baru ini, setelah menyerang warga di masjid Al Aqsha, serangannya menewaskan sedikitnya 197 warga yang terdiri atas anak-anak,...

PKS Jatim Kutuk Keras Serangan Israel atas warga Palestina di Masjid Al Aqsa dan Dorong Pemprov Jatim Nyatakan Sikap

Israel kembali membuat teror. Serangan polisi Israel di Masjid Al Aqsha Palestina di akhir Ramadhan ini membuat banyak pihak geram. PKS Jatim turut mengecam...

Launching Kantor DPC PKS Gubeng, Ketua DPC: Kantor ini 24 Jam untuk Rakyat

DPC PKS Gubeng Surabaya dan DPRa Mojo, Ahad (9/5/2021) lalu resmi punya kantor. Dalam sambutannya, Pudji Rianto, Ketua DPC PKS Gubeng Surabaya mendeklarasikan bahwa...

Silaturahim Kebangsaan ke MUI, PKS Jatim Diminta Turut Jaga Generasi Muda dan NKRI

Dalam rangka silaturahim kebangsaan, DPW PKS Jawa Timur berkunjung ke kantor MUI Jatim, pada Rabu (5/5/2021). Selain meminta nasihat dan doa agar bisa tetap...

Webinar Pendidikan, PGRI Jatim Berharap PKS Bisa Perjuangkan Nasib Sekolah Swasta

Sekolah swasta, seringkali dipandang sebelah mata, baik oleh masayarakat maupun pemerintah. Karenanya dalam Webinar pndidikan yang digelar DPW PKS Jatim, Teguh Sumarno, Ketua PGRI...