frontpage hit counter
Beranda Narasi Aksi Ketua Majelis Syuro PKS: Pesantren Basis Kekuatan Bangsa

Ketua Majelis Syuro PKS: Pesantren Basis Kekuatan Bangsa

LAMONGAN (21/2) Setelah melaksanakan ziarah dan tahlil di makam Sunan Gresik, Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (MS PKS) Habib DR. Salim Segaf Al-Jufri meneruskan lawatan di Jawa Timur dengan bersilaturrahim ke Pondok Pesantren (PP) Sunan Drajat Lamongan.

Sebelum menuju PP Sunan Drajat, Habib Salim yang didampingi Gubernur Jaww Barat 2 Periode Ahmad Heryawan (Kang Aher) dan Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan, bersilaturrahim ke Pondok Pesantren Al-Karimi di Tebuwung, Gresik.

Rombongan diterima oleh pemangku pesantren KH. Abdul Muhshi, M.Pd. yang merupakan cucu dari KH Abdul Karim bin Abdul Qohar, pendiri pesantren dan penyebar agama Islam di kawasan ini. KH Abdul Karim adalah keturunan dari Sunan Derajat.

Usai dari PP Al-Karimi, Habib Salim dan rombongan tak berapa lama tiba di Pondok Pesantren Sunan Drajat yang terletak di kawasan sekitar makam Sunan Derajat, salah satu Walisongo penyebar dan pejuang agama Islam di tanah jawa.

Habin Salim disambut langsung oleh KH DR. Abdul Ghofur dan diajak keliling ke kompleks pesantren yang sangat luas dan dihuni oleh kurang lebih 13 ribu santri.

Santri PP Sunan Drajat berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Pesantren ini sering dijadikan rujukan bagi pengembangan pesantren wirausaha yang berhasil. Sebab PP Sunan Drajat secara mandiri mampu memenuhi berbagai kebutuhan operasional pesantren melalui unit usaha antara lain agrobisnis, produksi air mineral, pembuatan kapal, dolomit, dan lain-lain.

Pesantren ini mampu menggabungkan antara pendidikan formal, informal, dan semangat wirausaha. Sehingga lulusannya mampu bekerja atau berwirausaha sesuai ketrampilan yang diberikan di pesantren.

Habib Salim menyampaikan bahwa Pondok Pesantren adalah kekuatan ummat. Kekuatan Bangsa. “Pemimpin bangsa lahir dari pesantren-pesantren. Pelaku-pelaku UKM yang tahan krisis juga lahir dari pesantren. Jadi para kyai’, para ulama’, dengan pesantrennya adalah sumber rujukan sekaligus kekuatan ummat,” kata Habib Salim.

Dalam kesempatan tersebut KH Abdul Ghofur juga menyampaikan keprihatinannya akan peredaran narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya. “Pesantren sering sekali menerima santri yang menjadi korban. Kondisi ini mengkhawatirkan. Karena itu kita membutuhkan pemimpin yang tegas dan jujur,” ujar Kyai Abdul Ghofur.

Habib Salim mengamini harapan Kyai Abdul Ghofur. “PKS sudah dan terus memperjuangkan melalui parlemen dan juga dakwah di masyarakat. Agar peredaran narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya bisa terus berkurang. Sehingga kualitas generasi yang akan datang akan jauh lebih baik,” ujar Menteri Sosial periode 2009-2014 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Informasi Terbaru

PKS Jatim Salurkan Bantuan Masker dan Sanitizer untuk Tenaga Medis

SURABAYA (26/3) Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Timur memberikan bantuan berupa masker kepada tenaga medis di beberapa...

Wabah Meluas, PKS Jatim Aktifkan Genta Covid-19

  SURABAYA (22/3) Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Timur menyikapi meluasnya wabah penyakit Corona dengan mengaktifkan Gerakan Tanggap Bencana (GENTA) COVID-19....

Fraksi PKS DPR RI Kembali Meraih Penghargaan Sebagai Fraksi Paling Aspiratif

JAKARTA --Fraksi PKS DPR kembali terpilih sebagai "Fraksi Paling Aspiratif" di DPR dalam gelaran Teropong Parlemen Award yang digelar oleh Media Teropong Senayan di...

PKS Jatim Instruksikan Kader, Dewan, dan Pengurus Patuhi Protokol Corona

SURABAYA (16/3) Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Timur Irwan Setiawan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran pengurus, anggota dewan,...

Kang Irwan Hadiri Haul Habib Alwi Assegaf Besuki

SITUBONDO (11/3) Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Timur Irwan Setiawan atau yang biasa disapa Kang Irwan Rabu hari...