frontpage hit counter
Beranda Kabar Nasional PKS Jatim Ajak Anggota Aktifkan Program Semarak Kampung Ramadhan bersama Masyarakat

PKS Jatim Ajak Anggota Aktifkan Program Semarak Kampung Ramadhan bersama Masyarakat

Untuk membersamai masyarakat hingga ke pelosok Jawa Timur saat Ramadhan, PKS Jatim menyiapkan berbagai program yang disiapkan di setiap kampung, baik desa maupun kota. Karenanya, Kamis, (8/4), melalui kanal Zoom dan Youtube, DPW PKS Jatim melaunching Program Semarak Kampung Ramadhan.

Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, dalam kegiatan Pengajian Menyambut Ramadhan yang mengundang KH
Fahmi Amrullah Hadik atau Gus Fahmi, pengasuh Pondok Pesantren Al-Mashruriyah Tebu Ireng, Jombang sebagai pembicara ini menyampaikan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, DPP PKS selalu memberikan tema besar sebagai panduan masing-masing wilayah untuk membuat program Ramadhan.

Tema besar Ramadhan yang diberikan DPP PKS tahun ini adalah “Ramadhan, bulan kasih sayang dan persaudaraan, sebagai wujud dari Islam rahmatan lil alamin”.

Tema ini, menurut Irwan, membuat pengurus maupun anggota PKS harus meningkatkan nilai-nilai kasih sayang antar sesama, dengan mengambil momentum Ramadhan.

“Tema ini juga meminta untuk memperbesar nilai-nilai persaudaraan, menampilkan Islam yang rahmatan lil ‘ alamin. Islam yang menyejukkan bagi setiap insan. Islam yang menenangkan bagi setiap jiwa. Islam yang nyaman bagi setiap manusia,” kata Irwan menjelaskan.

Irwan menyampaikan, momentum Ramadhan ini harus menjadi momentum para pengurus dan anggota PKS untuk menampakkan dirinya sebagai orang Islam yang membuat nyaman orang sekitarnya, orang Islam yang rahmatal lil alamin.

Senada dengan Irwan, Kiai Fahmi, dalam ceramahnya di kegiatan itu menyampaikan tentang pentingnya peduli kepada sesama. Ia menjelaskan bahwa ibadah puasa tidak hanya berdimensi individual untuk memperbaiki diri sendiri, tapi juga berdimensi sosial yang membawa dampak untuk masyarakat, untuk lingkungan.

“Ibadah puasa membuat kita berempati kepada orang-orang yang kelaparan,” kata Kiai.

Ia kemudian menjelaskan tentang pentingnya peduli sesama di Surat Al Maun. “Di surat itu, dijelaskan orang yang mendustakan agama, bukan orang yang tidak sholat, tidak puasa, namun orang yang menghardik anak yatim dan yang tidak menganjurkan memberi makan fakir miskin,” jelasnya.

Berbagai program Semarak Kampung Ramadhan antara lain Abata Club oleh PKS Muda, program tahsin Al Qur’an secara online yang didesain khusus untuk anak muda. PKS Jatim akan menyiapkan ustadz-ustadz muda yang mumpuni yang cocok untuk mengajar kaum milenial.

“Karena sudah bukan jamannya lagi milenial gak bisa ngaji. Sekarang jamannya milenial ngajinya merdu, bahkan lebih merdu dari nyanyiannya. Betul ya?,” ujar Irwan.

Dalam program Semarak Kampung Ramadhan, PKS Jatim menyiapkan kegiatan ibu-ibu dari Rumah Keluarga Indonesia (RKI) PKS. Misalnya seperti program berbagi bibit tanaman untuk ketahanan pangan, berbagi sembako untuk yang membutuhkan, dan berbagi kebahagiaan dan kasih sayang kepada seluruh emak-emak di Jawa Timur. Selain itu, RKI juga menggelar kegiatan cerita menjelang berbuka untuk anak-anak.

“Ada program tadarus bersama keluarga. Tidak hanya dengan keluarga sendiri, agar semangat bisa juga secara online bersama-sama keluarga-keluarga lainnya. Pasti menyenangkan,” kata Irwan.

Program Semarak Kampung Ramadhan PKS juga diramaikan program Ngaji Budaya. “Ini program sholawatan dan mauidzotul hasanah dengan menggunakan Bahasa Jawa, agar lebih akrab dengan masyarakat di daerah,” Irwan menjelaskan.

Hal itu, ia menjelaskan karena manusia Indonesia adalah manusia berbudaya. Dan warga Jawa Timur adalah masyarakat yang berbudaya. Maka pengurus dan anggota PKS harus memahami dan melestarikan budaya luhur bangsa.

Karena itu, ia berpesan kepada seluruh pengurus PKS se Jawa Timur baik di tingkat DPC maupun DPRa untuk aktif dalam menyemarakkan kegiatan Ramadhan. “Dengan berbagai program ini, pengurus PKS di tingkat kecamatan atau ranting harus turun ke masyarakat, bersinergi dan kolaborasi dengan tokoh dan elemen masyarakat,” pesan Irwan. {}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Informasi Terbaru

Anggota DPRD dari PKS di Seluruh Jatim Diminta Dorong Pemda Nyatakan Dukungan Untuk Palestina

Tindakan Israel atas Palestina semakin kejam. Baru-baru ini, setelah menyerang warga di masjid Al Aqsha, serangannya menewaskan sedikitnya 197 warga yang terdiri atas anak-anak,...

PKS Jatim Kutuk Keras Serangan Israel atas warga Palestina di Masjid Al Aqsa dan Dorong Pemprov Jatim Nyatakan Sikap

Israel kembali membuat teror. Serangan polisi Israel di Masjid Al Aqsha Palestina di akhir Ramadhan ini membuat banyak pihak geram. PKS Jatim turut mengecam...

Launching Kantor DPC PKS Gubeng, Ketua DPC: Kantor ini 24 Jam untuk Rakyat

DPC PKS Gubeng Surabaya dan DPRa Mojo, Ahad (9/5/2021) lalu resmi punya kantor. Dalam sambutannya, Pudji Rianto, Ketua DPC PKS Gubeng Surabaya mendeklarasikan bahwa...

Silaturahim Kebangsaan ke MUI, PKS Jatim Diminta Turut Jaga Generasi Muda dan NKRI

Dalam rangka silaturahim kebangsaan, DPW PKS Jawa Timur berkunjung ke kantor MUI Jatim, pada Rabu (5/5/2021). Selain meminta nasihat dan doa agar bisa tetap...

Webinar Pendidikan, PGRI Jatim Berharap PKS Bisa Perjuangkan Nasib Sekolah Swasta

Sekolah swasta, seringkali dipandang sebelah mata, baik oleh masayarakat maupun pemerintah. Karenanya dalam Webinar pndidikan yang digelar DPW PKS Jatim, Teguh Sumarno, Ketua PGRI...