frontpage hit counter
Beranda Kabar Daerah Sale Pisang Chuwi Lan Ngawi, Ubah Tampilan Rezekipun Datang

Sale Pisang Chuwi Lan Ngawi, Ubah Tampilan Rezekipun Datang

Pandemi Covid -19 yang meluluhlantakkan perekonomian masyarakat, tak membuat Bambang Irawan, pengurus PKS Ngawi ini menyerah. Dengan mengubah tampilan kemasan sale pisangnya Chuwi-Lan miliknya laku keras diterima pasar.

Memegang produknya, Anda akan sepakat bahwa kemasan produk ini sangat menarik. Kemasannya yang dilapisi laminasi doff membuat produk ini terasa bukan sale pisang biasa.

Dalam luar kemasan, tertulis “Chuwi-Lan”, sale pisang. Ada gambar Tugu Kartonyono Medot Janji yang ujungnya diganti gambar pisang dan Pithecanthropus Erectus yang sebagai simbol Kabupaten Ngawi.

Jika membuka kemasan dan memakan sale pisangnya, Anda akan membenarkan klaim yang ditulis, “Empuk, kenyal, bikin kangen”.

Sale pisang ini, ujar Bambang, justru diminati masyarakat kota besar. “Sekitar 80 persen pemesan dari kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Rawang, Surabaya, Sidoarjo, dan kota-kota lain. Yang jadi reseller juga banyak,” kata Bambang. Ia juga memasarkan melalui berbagai marketplace yang ada.

Bisnis sale pisang ini sudah dirintisnya sejak 2 tahun lalu. Merasa stagnan, ia memutar otak untuk mengembangkan bisnisnya itu. “Setahun lalu, saya putuskan untuk membuat packaging yang bagus, alhamdulilah, respon pasar lebih bagus. Mungkin karena inilah, saya masih bisa bertahan meski pandemi,” ujar Ketua MPD DPD PKS Kabupaten Ngawi ini.

Saat ini kapasitas produksi yang bisa ditangani sekitar masih di bawah 150an bungkus, per hari. “Masih kecil, kita juga berharap akan semakin baik jika sudah melewati pandemi. Sambil jalan, akan kami upayakan bisa meningkatkan kapasitas produksi,” kata pria yang tinggal di Mantingan Ngawi ini.

Kenapa milih sale pisang? Menurutnya, membuat sale pisang relatif mudah, tidak butuh energi banyak. Apalagi, sale pisang ini termasuk makanan yang tahan lama.

“Setelah pisang dikeringkan, setahun bahkan sampai dua tahun, baru digoreng pun tidak masalah,” ujar Bambang.

Sale pisang, ia menjelaskan, masa kadaluarsanya panjang, hingga setengah tahun dengan kondisi packaging yang masih utuh, rasa masih sama nikmatnya.

Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jatim, mengunjungi rumah Bambang Irawan dalam rangka melihat perkembangan bisnis anggota PKS pada Selasa (30/3).

Ia mengatakan, di PKS ada bidang yang berkonsentrasi khusus untuk mengbangkan UMKM.

“Bidang BPJE PKS akan bekerja keras untuk memberi stimulus para UMKM agar bisnisnya scale up, baik dengan cara memberi pelatihan dan pendampingan bisnis dari pelaku usaha juga harus terus meningkatkan kapasitas produksi maupun pemasaran,” kata Irwan menjelaskan Bidang Pemberdayaan Jaringan dan Ekonomi (BPJE) PKS Jawa Timur.

Ia menyampaikan, ekonomi anggota PKS harus bagus, karena jika ekonominya bagus, ia bisa menolong orang lain.

Bidang BPJE, kata Irwan, memang disiapkan untuk menaikkan level pengusaha baik yang di level kecil maupun menengah.

“Ini bagian dari implementasi slogan PKS, ‘Bersama Melayani Rakyat’,” kata Irwan mantap. {}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Informasi Terbaru

Hasil Survey, Kalangan Milenial Anggap PKS Partai Paling Anti Korupsi

Sebuah riset mengungkapkan bahwa kalangan milenial di Jawa Timur menjadikan PKS sebagai partai politik yang paling anti korupsi. Hasil riset itu dilakukan oleh Surabaya...

Kuatkan UMKM di Desa, BPJE PKS Jatim Akan Cetak Para Mentor Pelatihan Marketplace

Berharap bisa menguatkan UMKM di era digital hingga ke tingkat desa, Ahad, (18/4/2021), Bidang Pemberdayaan Jaringan dan Ekonomi (BPJE) DPW PKS Jawa Timur akan...

Relawan PKS Gerak Cepat Perbaiki Bangunan Korban Gempa Malang

RADAR MALANG-TUREN – Tim relawan Posko Gempa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Malang bergerak cepat membantu korban gempa Malang. Rabu (14/4) lalu, mereka membedah...

Kades Tirtomoyo: Setelah Gempa, PKS yang Pertama Mengunjungi Kami

Sugeng Rahayu, Kepala Desa Tirtomoyo, Ampelgading Malang menyampaikan apresiasi atas kedatangan rombongan PKS mengunjungi korban bencana. Menurutnya, PKS datang pertama di lokasi bencana. Ketua DPW...

Bupati Bojonegoro Sampaikan Siap Berkolaborasi dengan PKS

Penutupan Rakerda DPD PKS Bojonegoro pada Ahad (11/4/2021) di Hotel Dewarna Bojonegoro terasa jadi lebih istimewa dengan hadirnya Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awannah. Di hadapan para...